1. Universitas di Sendai

Di Kota Sendai, terdapat 10 universitas besar yang menjadikan kota ini sebagai salah satu kota pendidikan dan riset terkemuka. Tohoku University adalah tempat belajar kebanyakan warga PPIS. Selain itu ada juga yang menempuh pendidikan di Tohoku Insitute of Technology, Tohoku Pharmaceutical University, dan Miyagi University of Education. Pada bagian ini kita hanya akan membahas sekilas tentang Tohoku University.

Tohoku University atau Touhoku Daigaku (東北大学), biasa disingkat “Touhokudai” adalah satu di antara tujuh Universitas Imperial di Jepang (Tokyo, Kyoto, Tohoku, Hokkaido, Nagoya, Osaka, Kyushu) dan termasuk segelintir universitas di Jepang yang sudah mencapai lebih dari 90 tahun umurnya sejak didirikan (1907). Touhokudai termasuk universitas pelopor di Jepang, dengan beberapa bidang unggulan, seperti: ilmu material, teknik, dan sains fundamental. Komposisi mahasiswanya pun beragam, meskipun mahasiswa yang berasal dari area Tohoku dan sekitarnya masih lebih banyak dibanding daerah lain. Sedangkan untuk mahasiswa asing, mahasiswa asal China, Korsel, dan Taiwan cukup mendominasi, disusul oleh negara-negara seperti Indonesia, Bangladesh, Malaysia, Thailand, dan lainnya. Dengan program studi yang cukup banyak (lebih dari 15 fakultas dan beberapa pusat riset), kampus Touhokudai tersebar di 4 tempat. Keempat kampus tersebut adalah,

  • Kampus Katahira:

Rektorat dan pusat riset ilmu material.

(sumber: tohoku.ac.jp)
  • Kampus Kawauchi:

Ilmu sosial, pusat mahasiswa asing / “ryuugakusei senta“,  kursus bahasa Jepang, taman botani, tempat pemeriksaan kesehatan, perpustakaan pusat, dan kampus kuliah bersama.

(sumber: tohoku.ac.jp)
  • Kampus Aobayama:

Fakultas teknik, informasi, MIPA, farmasi, agrikultur.

Aobayama Engineering (tohoku.ac.jp)
Aobayama Agrikultur (tohoku.ac.jp)
  • Kampus Seiryo:

Kedokteran, kedokteran gigi, dan rumah sakit universitas.

(tohoku.ac.jp)

Setiap kampus mempunyai fasilitas seperti kantin/kafetaria dan toko yang menyediakan lengkap kebutuhan mahasiswa sehari-hari, dikelola oleh Seikyou (生協), atau disebut juga coop/koperasi universitas. Meskipun perpustakaan pusat berada di Kawauchi, masing-masing kampus pun mempunyai perpustakaan, misalnya perpustakaan teknik yang berada di kampus Aobayama, atau perpustakaan kedokteran yang berada kampus Seiryo.

Pada umumnya, perpustakaan universitas di Jepang menyediakan buku lengkap, mulai dari yang berbahasa Jepang hingga Inggris. Bahkan, apabila buku atau jurnal yang dicari tidak ada, kemudahan pemesanan via perpustakaan, akan terlayani dengan memuaskan. Kegiatan ekstrakurikuler pun terwadahi dengan baik, dengan pusat kegiatan mahasiswanya terletak di kampus Kawauchi. Pada awal tahun ajaran, perpustakaan akan menyelenggarakan orientasi pengenalan perpustakaan. Ada baiknya untuk mengikuti orientasi ini, untuk mengetahui cara mencari buku dan jurnal, penggunaan internet, dan semacamnya.