14. Kesehatan dan Perawatan Medis

Jepang merupakan negara yang memiliki ekspektasi hidup yang cukup tinggi. Secara umum, perawatan medis di Jepang sangat modern dan bersih di mana pun tempat rumah sakit atau pun klinik tersebut berada. Berikut panduan mengenai proses untuk berobat ke klinik atau rumah sakit di Jepang.

1. Klinik

Fasilitas medis di Jepang secara umum di bagi menjadi rumah sakit dan klinik. Klinik biasanya hanya terdapat beberapa dokter dan hanya untuk spesialiasi tertentu. Sedangkan, rumah sakit menyediakan dokter dari berbagai spesialisasi sebagaimana di Indonesia. Namun, tidak seperti di Indonesia di mana kita langsung bisa mengunjungi rumah sakit, selama kasus nya bukan emergency kita harus mengunjungi klinik terlebih dahulu. Seperti yang disebutkan di atas, klinik di Jepang hanya menawarkan satu atau beberapa spesialisasi saja alias tidak ada namanya dokter umum di sini. Jadi, sebelum pergi ke klinik, sebaiknya kita harus sudah tahu jenis klinik apa yang akan kita kunjungi. Misalnya, apabila penyakit berkaitan dengan otot, tulang, ataupun sendi, kita bisa pergi ke klinik ortopedi. Pilek, batuk, dan flu, bisa ke klinik THT (otolaryngology), dan seterusnya. Saat datang ke klinik, jangan lupa untuk selalu membawa zairyuu card (在留カード; kartu residen) dan hokenshou (保険証; kartu asuransi). Biasanya, tidak diperlukan janji lebih awal dengan sang dokter. Untuk yang pertama kali datang ke klinik, kita akan diharuskan untuk membuat registration card dan biasanya akan dikenakan biaya berkisar JPY2.000.

Cukup datang ke konter dan jelaskan gejala yang sedang dialami. Selanjutnya, petugas akan memberikan petunjuk lebih lanjut. Di Sendai, tidak semua klinik menyediakan servis dalam bahasa Inggris. Untuk mengetahui klinik mana saja yang bisa berbahasa Inggris, bisa dilihat di link berikut ini. (http://int.sentia-sendai.jp/j/download/life/hc_all.pdf)

2. Rumah Sakit

Kita bisa mengunjungi rumah sakit hanya apabila penyakit tidak bisa ditangani di klinik, atau kasus emergency. Apabila tidak bisa ditangani di klinik, dokter akan memberikan surat rujukan kepada dokter lain di rumah sakit yang ditujukan. Saat ke rumah sakit, cukup membawa kartu residen, kartu asuransi, dan surat rujukan yang telah diberikan dokter ke konter dan petugas akan memberikan petunjuk lebih lanjut. Untuk yang pertama kali mengunjungi rumah sakit, kita akan dibuatkan kartu periksa (shinsatsuken) yang akan kita selalu gunakan setiap kali ke rumah sakit; seperti contoh yang ada di bawah ini.

Untuk kunjungan selanjutnya, jangan lupa selalu membawa kartu asuransi dan kartu periksa. Untuk beberapa rumah sakit, seperti Tohoku University Hospital, disediakan registration machine apabila sudah memiliki kartu periksa.

Cukup pergi ke mesin tersebut yang tersedia dekat pintu masuk dan masukkan kartu periksa ke mesin. Layar akan menunjukkan apakah kita mempunya janji dengan dokter pada hari itu atau tidak.

Jika kita sudah mempunya janji, cukup tekan layar sesuai petunjuk dan dokumen registrasi akan dicetak oleh mesinseperti foto di bawah ini.

Setelah itu, cukup pergi ke departemen yang dituju sesuai yang tertera pada dokumen.

3. Biaya Perawatan

Dengan skema asuransi kesehatan nasional, kita hanya perlu membayar 30% dari total biaya keseluruhan, selama kita menujukkan kartu asuransi tersebut. Untuk beberapa kasus tertentu, tidak semua perawatan ditanggung oleh asuransi, seperti perawatan yang berkaitan dengan estetika.

Apabila kita menerima perawatan yang memerlukan biaya sangat besar dalam kurun waktu sebulan (seperti operasi dan sebagainya), ada skema yang disebut maximum deductibility. Sebagai mahasiswa, kita jatuh pada kategori member yang tidak membayar pajak. Jumlah maximum deducitbility yang kita dapat adalah sekitar JPY35,400 dalam sebulan. Jadi, apabila biaya perawatan kita melebihi jumlah tersebut walaupun sudah menggunakan skema 30% sebelumnya, biaya yang akan kita bayar tidak akan melebihi jumlah tersebut. Namun, perlu dicatat bahwa kita perlu melakukan registrasi diri dan mendapatkan semacam sertifikat untuk maximum deductibility (gendoukakutekiyounintenshou) di ward office. Untuk informasi lebih detil, bisa dilihat di link berikut. (https://yosida.com/forms/nationalins.pdf) (http://www.city.sendai.jp/kenko-hoken/kurashi/tetsuzuki/kokumin/kenkohoken/kougaku.html#a20)

Untuk perawatan mayor yang memerlukan rawat inap, sewa ruangan dan makan selama di rumah sakit pun tidak ditanggung oleh asuransi. Namun, tidak perlu khawatir karena biasanya harganya akan sangat murah untuk kelas ekonomi.