2. Administrasi Kependudukan

Membuat Zairyu Card / Residence Card (在留カード)

Zairyu Card bisa diumpamakan sebagai KTP kita selama tinggal di Jepang. Kartu ini harus dibawa kemanapun kita pergi, dan jika hilang harus segera dilaporkan ke kantor daerah (kuyakusho / 区役所) paling lambat 14 hari setelah kehilangan. Kartu ini wajib dibuat oleh warga asing yang akan tinggal di Jepang lebih dari 90 hari.

Ada dua cara untuk mengurus Zairyu Card ini.

  1. Jika landing di Haneda, Narita, Chubu dan Kansai Airports.

Jika Anda mendarat pada salah satu bandara yang disebutkan di atas, maka Zairyu Card dapat diproses saat itu juga, bersamaan dengan landing permission. Berikut adalah dokumen yang perlu Anda bawa:

    • COE
    • visa (Paspor)
    • pas foto 6 bulan terakhir ukuran 3×4 sebanyak dua lembar.

Zairyu Card akan langsung jadi, namun alamat tempat tinggal Anda belum terterta di sana sehingga aAnda harus mengurusnya di kuyakusho dalam waktu 14 hari sejak Anda mendapatkannya . Anda hanya perlu mebawa Paspor, Zairyu Card dan mengikuti prosedur yang sudah disediakan di sana.

  1. Jika landing di bandara selain di atas.

Anda hanya akan dapat landing permission dan Zairyu Card akan diproses di kemudian hari. Anda harus mengunjungi kuyakusho untuk mengurus Zairyu Card Anda. Dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

    • Paspor
    • pas foto 6 bulan terakhir ukuran 3×4 sebanyak dua lembar.

Setelah sampai di ward office, Anda akan diminta mengisi formulir (formulir tersedia dalam dua bahasa: Inggris dan Jepang). Mengurus Zairyu Card di sini sudah sekaligus dengan pencantuman alamat tinggal. Zairyu Card di sini tidak akan langsung jadi, tetapi akan dikirim langsung ke alamat tempat tinggal melalui pos. Untuk sementara, Anda akan diberikan dokumen dan berlaku sebagai Zairyu Card sementara sampai Zairyu Card Anda dikirim. Untuk dokumen ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar 200¥.

Cap Izin Kerja Paruh Waktu (Arubaito)

Bagi mahasiswa yang berniat untuk melakukan kerja paruh waktu di Jepang, diperlukan status tambahan selain status “student” yang tercatat dalam visa. Sebagai bukti bahwa Anda berhak melakukan kerja paruh waktu, Zairyu Card Anda akan mendapat cap khusus yang dapat diperoleh dengan cara sebagai berikut.

  • Apabila Anda mendapat Zairyu Card di bandara, sesuai yang tertera dalam seksi membuat Zairyu Card, Anda perlu membawa form (link) dan disertakan saat pemrosesan Zairyu Card.
  • Apabila Anda terlewat saat di bandara, atau Anda memperoleh Zairyu Card melalui kuyakusho, Anda perlu memproses perizinan tersebut melalui Imigrasi. Selengkapnya silahkan buka link berikut. (https://ppisendai.org/bekerja-paruh-waktu-di-jepang/)

Asuransi kesehatan umum (健康保険 – Kenkou Hoken)

Pemerintah Jepang mewajibkan setiap penduduknya, termasuk WNA, untuk memiliki asuransi kesehatan (kenkou hoken). Dengan menunjukkan kartu kenkou hoken setiap kali berobat, kita hanya perlu membayar 30% dari biaya berobat, sisanya ditanggung oleh pemerintah. Kenkou hoken dapat dibuat di kuyakusho.

Cara membuat

Persyaratan yang dibutuhkan adalah Zairyu Card dan paspor. Oleh karena itu setelah kartu Zairyu Card selesai dibuat, saat mengambil di kuyakusho, bisa langsung mengurus kenkou hoken dengan mengisi formulir aplikasi kenkou hoken.

Pembayaran biaya asuransi

Pembayaran biaya asuransi ada beberapa cara.: Sekaligus satu tahun atau per bulan. Saat menerima slip pembayaran, pembayaran dapat dilakukan di hampir semua bank atau kuyakusho dengan menunjukkan slip tersebut. Pembayaran juga dapat dilakukan secara otomatis lewat rekening bank apabila sebelumnya telah mengajukan permohonan saat pembuatan kenkou hoken atau saat pembayaran slip bulan pertama. Untuk keperluan ini dibutuhkan rekening bank.

Tips

Karena untuk pembayaran otomatis kita memerlukan rekening bank, maka setelah menerima Zairyu card sementara, ada baiknya kita menuju bank terlebih dahulu (untuk membuat rekening bank). Tak sampai 1 jam, rekening akan jadi, dan kita bawa kembali untuk mengurus pembayaran kenkou hoken (asuransi kesehatan).

Saat berobat

Saat membayarkan biaya berobat, tunjukkan kartu kenkou hoken untuk mendapatkan potongan 70% dari biaya pengobatan.

Saat pindah alamat

Seperti halnya Zairyu Card, setiap kali pindah alamat, kenkou hoken ini juga harus diperbaharui di kuyakusho.

My number (個人番号 こじんばんご)

Setiap penduduk Jepang akan mendapatkan “Individual Number” atau yang lebih dikenal dengan “My Number”. Pada dasarnya, nomor ini berfungsi sebagai alat pencatatan pemasukan tiap individu yang digunakan sebagai estimasi pembayaran pajak dan berbagai urusan administrasi. Tiap individu mulanya akan mendapatkan surat berisi “Notification Card (通知カード)” sebagai pemberitahuan tentang nomor individu yang telah ditetapkan. Pada dasarnya kartu ini cukup, namun memiliki fungsi sebatas sebagai identitas yang dapat ditunjukkan ketika melakukan urusan administratif dimana My Number diperlukan, namun perlu dibarengi dengan kartu identifikasi personal lainnya seperti Zairyu Card atau Paspor. Untuk menggunakan fungsi lainnya seperti pelayanan administrasi secara on-line, identifikasi personal, pelayanan sertifikat di konbini, kita dapat membuat kartu “Individual Number Card”. Anda hanya perlu mengisi formulir dan mengirimnya kembali menggunakan amplop yang bersamaan dengan penerimaan Notification Card. Anda juga dapat mengurus Individual Card ini melalui ward office maupun on-line.

Notification Card
Form Pendaftaran Individual Card
Amplop pendaftaran Individual card
Individual card

 

Informasi lebih lanjut mengenai My Number terdapat disini (https://www.kojinbango-card.go.jp/en-mynumber/)

Japanese Pension Plan (日本年金)

Pemerintah Jepang menerapkan sistem pensiun yang digunakan untuk menunjang masa pensiun penduduk berusia 65 tahun keatas. Sistem pensiun ini pada dasarnya wajib diikuti oleh seluruh penduduk (terlepas dari kewarganegaraan) berusia 20 – 59 tahun, dimana setiap bulannya akan dikenakan pajak kontribusi sebesar Y16,410 (tahun 2019).  Pada umumnya, Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan kewajiban membayar melalui pos, meskipun terdapat beberapa kawan sesamea pelajar yang tidak mendapatkannya.

Bagi teman-teman yang mendapatkan surat tersebut, tentu akan sangat menjengkelkan. sSelain karena pajak yang perlu dibayar cukup mahal, belum tentu juga nantinya akan turut menikmati sistem tersebut. Bagi yang mungkin berencana tidak akan berlama-lama di Jepang, anda bisa saja mengabaikan surat tersebut dan berpura-pura tidak paham, dengan konsekuensi akan terus menerus mendapat surat peringatan bahkan panggilan telefpon. Namun, bagi mahasiswa, ada mekanisme untuk mendapatkan pembebasan kewajiban membayar. Anda dapat mengurusnya ke ward office sesuai alamat Anda dengan membawa Zairyuu card dan kartu pelajar. Pembebasan ini perlu diperbarui setiap tahunnya pada bulan April.