3. Urusan Perbankan

Perbankan

Pada awal kedatangan, pihak universitas akan membantu proses pembukaan akun bank, (biasanya JP Post dan 77 Bank). JP Post adalah bank milik pos Jepang dan penarikan uangnya bisa dilakukan di seluruh ATM JP Post di seluruh Jepang, sedangkan 77 Bank adalah bank lokal Miyagi dengan mesin ATM yang biasanya hanya tersedia di Prefektur Miyagi. Di luar prefektur, penarikan uang bisa dilakukan di ATM convenience store, tetapi tentu memakan biaya antara 108 – 216 yen. Sebisa mungkin buka akun di kedua bank tersebut jika ditawari oleh universitas, karena proses membuka akun dengan usaha sendiri di kemudian hari agak merepotkan. Anda akan ditanya dengan detail mengapa membuka akun baru dan bank akan meminta Anda datang dengan seseorang yang bisa berbahasa Jepang untuk membantu pembukaan akun (tidak harus orang Jepang). Alasan yang diperbolehkan, misalnya kerja paruh waktu (kartu nama atasan di tempat kerja akan diminta) atau pengiriman/penerimaan uang dari luar negeri (akan ditanya mengenai penerima/pengirim potensial).

Untuk membuka akun, siapkan residence card, kartu asuransi, paspor, dan kartu pelajar. Khusus untuk yang baru datang dan baru mengurus alamat, biasanya juminhyo (住民票) bisa digunakan setelah aplikasi pengambilan juminhyo di kantor Shiyakusho (市役所). Juminhyo itu sendiri berfungsi untuk menggantikan residence card (在留カード). Setelah mengisi formulir dan berbagai surat, buku tabungan akan jadi di hari yang sama atau paling lama tiga hari setelah aplikasi pembukaan akun. Anda akan diminta untuk datang ke bank lagi setelah buku tabungan jadi. Kartu ATM akan dikirimkan ke alamat rumah kira-kira seminggu setelah aplikasi. Penentuan PIN ATM biasanya dilakukan saat administrasi pembukaan akun, bersama dengan pengisian formulir dan surat-surat.

Pembukaan akun bank pada dasarnya memerlukan inkan (印鑑) pribadi. Untuk mahasiswa asing dari Tohoku University, inkan tidak diperlukan untuk pembukaan akun di JP Post dan 77 Bank. Akan tetapi, untuk membuka akun bank lainnya (semisal SMBC), inkan adalah suatu keharusan. Membuat inkan sebenarnya cukup mudah, ada banyak toko penjual inkan berdasarkan order dengan biaya sekitar 1000 yen dan pembuatannya memakan waktu sekitar 3 hari­1 minggu.

Kartu Kredit

Kartu kredit yang bisa digunakan oleh mahasiswa (yang pemasukannya dianggap nol yen) adalah yang dikeluarkan oleh SMBC bekerja sama dengan University Coop. Aplikasi kartu kredit di luar yang satu ini agak sulit, karena kebanyakan perusahaan kartu kredit akan menolak pemohon dengan pemasukan nol yen (beasiswa dianggap bukan pemasukan!).

Permohonan untuk kartu kredit University Coop bisa dilakukan di University Coop manapun: (Kawauchi, Katahira, Aobayama, Seiryo). Limit maksimal kartu kredit University Coop adalah 100,000 yen. Jatuh tempo pembayaran biasanya di setiap akhir bulan, sekitar tanggal 27.

Mengirim dan menerima uang dari Indonesia

Baik untuk mengirim maupun menerima uang, kartu My Number amatlah penting. Tanpa kartu ini, uang tidak bisa diambil maupun dikirim. Biasanya, pengiriman/penerimaan uang paling mudah adalah melalui Western Union. Di Sendai, Western Union di-handle oleh agen pertukaran mata uang Travelex di dekat Stasiun Sendai. Saat mengirim maupun menerima uang, harap membawa residence card dan kartu My Number. Selain itu, Nomor transaksi (MTCN number) penting untuk mengklaim uang yang akan diterima. Pengiriman uang dikenakan biaya sesuai dengan jumlah uang yang dikirim tergantung kebijakan Western Union yang sedang berlaku. Penerimaan uang tidak dikenakan biaya.

Pengiriman/penerimaan uang melalui bank juga bisa dilakukan, biasanya melalui rekening di bank besar. Namun, biayanya cukup mahal yakni 4,000 yen per transaksi pengiriman plus biaya lain (kurs, adminstrasi, dsb). Sedangkan untuk penerimaan uang tidak dikenakan biaya.

Pengiriman uang online bisa menggunakan jasa website seperti Transferwise (https://transferwise.com/jp) dan Paypal.