Petunjuk Singkat Kehidupan di Sendai

Panduan hidup (survival guidance) ini dibuat dengan tujuan membantu rekan-rekan pelajar yang baru datang di Sendai, khususnya untuk masa-masa awal sampai bisa menyesuaikan diri sendiri. Mungkin ada beberapa rekan yang telah pernah hidup di Jepang atau kota lain di Jepang atau pengalaman hidup di luar negeri sebelumnya, maka petunjuk ini pun diharapkan tetap bermanfaat, terutama karena konteks kota atau daerahnya yang berbeda. Dalam situs ini kami pun berencana menyertakan beberapa panduan hidup “tingkat lanjut” seperti persoalan mencari apato (apartemen) yang murah tapi nyaman dan kegiatan job hunting (mencari kerja) di Jepang.

Artikel-artikel panduan hidup ini terakhir diperbaharui oleh Divisi Informasi PPIS 2019/2020. Tentunya, isi dari petunjuk singkat ini masih sangat jauh dari sempurna, karena memang tujuannya awalnya adalah membantu sementara.  Selanjutnya, rekan-rekan akan bisa membaca lebih rincinya pada buku Life in Sendai, yaitu buku petunjuk hidup di Sendai bagi orang asing yang diterbitkan oleh Pemerintah Kota Sendai, atau bisa langsung bertanya dengan rekan-rekan yang lebih dahulu berada di Sendai.

Perlu diketahui juga bahwa banyak organisasi sukarela (voluntary group) yang membantu hidup kita di Sendai, seperti Grup Mori (terdiri dari ibu-ibu yang menaruh minat terhadap pertukaran budaya, beberapa di antaranya adalah para istri professor di Universitas Tohoku), SIRA (Sendai International Relations Association), MIA (Miyagi International Association), dan beberapa grup host families.

Kami dari Divisi Informasi PPIS akan sangat bahagia jika rekan-rekan tak banyak menemui kesulitan menyesuaikan diri di masa-masa awal kedatangan dan mampu menikmati belajar di sini bersama-sama. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih dan ganbarimashou, がんばりましょう!.

Untuk mengakses setiap materi dalam petunjuk ini, silakan langsung menuju ke setiap halaman berikut ini.

  1. Universitas di Sendai
  2. Administrasi Kependudukan
  3. Urusan Perbankan
  4. Mencari tempat tinggal
  5. Komunikasi
  6. Mengundang Keluarga ke Jepang
  7. Makanan
  8. Tips Hidup Hemat di Jepang
  9. Mencari Kerja Paruh Waktu di Jepang
  10. Transportasi di Jepang
  11. Lapor diri ke KBRI
  12. Perpanjangan Visa Jepang di Sendai
  13. Beasiswa di Jepang
  14. Kesehatan dan Perawatan Medis 

Selain itu, di bawah ini ada presentasi (2013) dari salah satu rekan kita yang berbaik hati berbagi pengalamannya hidup di Sendai, dengan kondisi bahwa dia sama sekali tidak bisa berbahasa Jepang! Berdasarkan pengalaman ini, kita tentu tidak perlu khawatir bagaimana orang asing bisa bertahan hidup di Jepang. Meski demikian, kemampuan bahasa Jepang tetap sangat disarankan untuk dikuasai agar kita bisa saling berbagi budaya dengan warga Jepang yang enggan berbicara bahasa Inggris. 🙂