Pertemuan Dwi-Bulanan, 12 Desember 2015

Pada pertemuan silaturahmi yang berbahagia ini diadakan forum untuk berbagi pengalaman bekerja di sektor perusahaan swasta dan di institusi milik pemerintah. Sebelum acara dimulai, masakan asli nusantara yang terdiri dari masakan soto ayam, sop buah, kerupuk, aneka gorengan dan minuman dihidangkan. Kelezatan masakan ini tentulah perlu diacungkan jempol. Setelah itu, forum pun dimulai, dan untuk sektor swasta, sebagai pembicara adalah Pak “Nonok” Muryono. Sementara itu, untuk sektor institusi milik pemerintah, sebagai pembicara adalah Pak Robi Kurniawan. Tiap-tiap pembicara pada pertemuan ini menjelaskan riwayat karir mereka di masing-masing sektor dan menjelaskan tentang segala sisi hitam-putih di dunia perkerjaan yang telah mereka lewati dan alami.

Sesi forum Pak Muryono ini berjalan dengan penuh canda tawa namun begitu padat berisi hal-hal yang disampaikannya. Mulai dari petualangan Pak Muryono meniti karir di sektor swasta, lalu bekerja di universitas, lalu sampai ia kembali lagi sekolah lagi sebagai pelajar di kota Sendai ini. Peserta pun dengan antusiasnya melontarkan pertanyaan-pertanyaan ke Pak Muryono mengenai informasi tentang dunia pekerjaan yang sepertinya sulit didapatkan selain jika kita bertanya pada orang yang telah memiliki beragam pengalaman seperti Pak Muryono.

Sesi forum Pak Robi ini pun berjalan sama menariknya seperti sesi Pak Muryono. Memulai karir di dunia swasta lalu pindah ke institusi milik pemerintah dan sekarang belajar kembali di kota Sendai ini. Banyak sekali lika-liku di institusi milik pemerintah, seperti adanya konsep tentang berubahnya mentalitas dari scarcity mentality ke abundance mentality dengan diterapkannya UU aparatur sipil negara. Informasi mengenai rekruitmen dan jenjang jabatan di pemerintahan juga tersampaikan kepada peserta dan diikuti sesi tanya jawab. Dokumentasi berupa foto dilakukan sebagaimana ditampilkan pada bagian dibawah ini:

Leave a Reply