TUIF (Tohoku University International Festival) 2023

๐Ÿ“… 13 November 2023 | โœ Kamila Putridifa

Festival Internasional tahunan Tohoku University (TUIF) kembali digelar untuk yang ke-36 kalinya pada tanggal 8 Oktober 2023. Setiap tahunnya, acara ini mampu menarik perhatian lebih dari 3.000 pengunjung dan merupakan salah satu acara yang paling dinantikan di Sendai. Acara ini diinisiasi oleh TUFSA (Tohoku University Foreign Student Association), yang tidak hanya terdiri dari mahasiswa internasional, tetapi juga mahasiswa lokal. Festival yang mengusung tema โ€œDunia di Piringโ€ ini melibatkan mahasiswa Tohoku University dari berbagai jenjang dan negara untuk menggelar 20 kios makanan, serta stan yang mempromosikan berbagai budaya dan aktivitas.

Dalam acara tahunan kali ini, PPI Sendai juga berpartisipasi dalam membuka stan makanannya. Pisang goreng, salah satu jajanan paling populer di Indonesia, menjadi menu yang dipilih untuk ditampilkan di bazar makanan. Persiapan memasak tim Indonesia dimulai sehari sebelum acara di IH Sanjo 1, dimulai dengan memotong ratusan pisang dan mempersiapkan adonan pisang goreng.

Sumber: Dokumentasi PPI Sendai

Persiapan dimulai sekitar pukul 11 pagi waktu setempat dan selesai sekitar pukul 6 sore. PPI Sendai juga turut mempersiapkan berbagai perlengkapan budaya seperti angklung dan pakaian adat untuk maskot stan Indonesia serta sarana memperkenalkan budaya Indonesia. Di hari acara, PPI Sendai mulai mendekorasi stan dengan berbagai tulisan dan pajangan kain batik. Warga Sendai (komunitas orang Indonesia di Sendai) yang menghadiri acara juga turut mengenakan batik.

Sumber: Dokumentasi PPI Sendai

Stan Indonesia mulai menggoreng pisang yang menggugah selera di hari Minggu, 8 Oktober 2023. Pembeli mulai berdatangan sejak pagi dan puncaknya adalah siang hari di akhir jam makan siang. Dengan total penjualan sebanyak 189 porsi, pisang goreng stan Indonesia tampaknya menjadi makanan penutup yang sempurna, dan stan Indonesia berhasil menjadi salah satu stan pertama yang habis terjual makanannya!